TEKNOLOGI? PEMBEBASAN ATAU PENINDASAN?

Dalam memasuki Era Industrialisasi, pencapaiannya sangat ditentukan oleh penguasaan teknologi karena teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri. Oleh sebab itu, tepat momentumnya jika kita merenungkan masalah teknologi, menginventarisasi yang kita miliki, memperkirakan apa yang ingin kita capai dan bagaimana caranya memperoleh teknologi yang kita perlukan itu, serta mengamati betapa besar dampaknya terhadap transformasi budaya kita. Sebagian dari kita beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru.

padahal, kalau kita membaca sejarah, teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer.Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri.
Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni
Teknologi pada zaman era globalisasi ini sangatlah penting bahkan ada sebagian orang menggunakan teknologi sebagai penunjang hidupnya, tapi tidakkah tahu bahwa sebagian orang menganggap semakin maju teknologi semakin meluas kapitalisme dan pembodohan ataupun penindasan.
Ada dua anggapan yang berbeda dalam kemajuan teknologi saat ini, di sisi lain sebagian orang mempergunakan teknologi untuk kelangsungan hidupnya. Sebagai contoh orangyang sudah tua renta di Jepang mempergunakan teknologi sebut saja robot untuk membantu semua yang yang dibutuhkan oleh mereka, bahkan keahlian ataupun kepintarannya melebihi manusia. Nah, anggapan lain bagi sebagian orang bahwa semakin maju teknologi, semakin besar pembodohan yang akan dialami oleh manusia. Semakin malas lah manusia untuk menjalankan hidupnya. Dan bagi beberapa aktor yang ada dalam kemajuan teknologi tersebut digunakan sebagai aksi kapitalisme yang semakin membeledak. Buktinya semakin canggih teknologi maka harga jualnya pun semakin naik.
Lalu bagaimana nasib orang-orang yang mungkin tidak sanggup untuk membeli salah satu dari teknologi masa kini ? Sedangkan semakin canggih teknologi maka harganya pun semakin naik ! Lalu bagaimana dengan sebagian orang yang sangat ketergantungan dengan kemajuan teknologi saat ini?
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Tetapi dampak positif ataupun negatif itu tergantung bagaimana setiap orang menggunakan teknologi itu sendiri. Bagaimana setiap orang menanggapi dengan kehadiran teknologi saat ini. Sehingga pergunakanlah teknologi dengan sebaik-baiknya agar kita tidak terjebak didalamnya. Sekian . #SuciYuniar

Previous Post Next Post

Contact Form